BERITA

Pencegahan Rabies

  16 Jun 2023 |   Author : Instalasi Informasi & PKRS

Rabies atau disebut juga dengan penyakit anjing gila adalah suatu penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotic yaitu penyakit dapat ditularkan dari hewan yang terinfeksi ke manusia melalui gigitan, cakaran dan jilatan pada kulit yang terluka. Infeksi Rabies menyebabkan penderita tersiksa oleh rasa haus namun sekaligus merasa takut terhadap air (hydrophobia). Rabies bersifat fatal baik bagi hewan maupun manusia. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan Rabies namun penyakit ini dapat dicegah melalui penanganan kasus gigitan hewan penular rabies sedini mungkin. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah Rabies ialah sebagai berikut : 

  1. Ikat dan kandangkan hewan penular Rabies (Anjing, Kucing, Monyet, Musang, Kelelawar, dll). Pastikan sehat dan divaksinasi secara rutin. 
  2. Penanganan bila tergigit, cuci luka gigitan dengan sabun/ detergen di air mengalir selama 15 menit lalu berikan antiseptik. 
  3. Segera ke puskesmas/ rumah sakit/ rabies center untuk  mendapatkan penanganan sesuai prosedur. 

Kontak Kami

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KLUNGKUNG

ALamat

Jl. Flamboyan No. 40, Semarapura

Email

rsud.kab.klungkung@gmail.com

Kontak

Telp : (0366) 21172 | Fax : (0366) 21372

Jejak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung?